Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Prodi Fisika 2024

Workshop Penyusunan Instrumen Akreditasi Prodi Fisika 2024

Program Studi Fisika  UPNVJT mengambil langkah penting untuk meningkatkan standar akademiknya dengan menyelenggarakan pendampingan akreditasi yang berfokus pada asesmen lapangan, sebuah aspek penting dalam menunjang proses akreditasi LAMSAMA. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 29 Juli 2024 ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa, bertujuan untuk memperkuat praktik asesmen Universitas dan memastikan keselarasan dengan persyaratan akreditasi. Workshop ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), sebuah kerangka kerja global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, terutama nomor 4 yang terkait dengan Pendidikan Berkualitas.

Foto Para Dosen dan Mahasiswa yang sedang mengikuti pendampingan persiapan Akreidtasi

Proses akreditasi Program Studi Fisika akan dilaksanakan sekitar bulan Agustus hingga September. Seiring dengan persiapan program studi untuk evaluasi akreditasi yang akan datang, wawasan yang diperoleh dari pendampingan ini akan meningkatkan upaya yang sedang berlangsung untuk menyempurnakan praktik penilaian dan menunjukkan kepatuhan terhadap standar akreditasi. Dokumen akreditasi melalu proses pendampingan oleh narasumber.

Dengan akreditasi yang menjadi ciri khas keunggulan akademik, pendampingan ini mempertegas komitmen UPNVJT terhadap peningkatan berkelanjutan dan kepatuhan terhadap standar yang ketat. Para peserta terlibat dalam diskusi mendalam dan latihan praktis, mengeksplorasi strategi untuk menyusun dokumen akreditasi yang sesuai dengan pembelajaran mahasiswa yang efektif, efektivitas program, dan kinerja institusi.

Dr. Farida Pulansari, S.T., M.T. CSCM IPM Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dr. Dira Ernawati, S.T. M.T. sedang mendampingi Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si.

Dr. Farida Pulansari, S.T., M.T. CSCM IPM, Wakil Dekan Bidang Akademik, menekankan pentingnya penguatan visi keilmuan yang ditanamkan dalam program studi fisika serta tertulis dalam dokumen akreditasi nantinya, dengan menyatakan, “Visi keilmuan program studi fisika akan menjadi sangat penting karena menjadi acuan untuk seluruh proses tridharma perguruan tinggi, baik pendidika, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Visi keilmuan ini harus tertuang dalam dokumen legal dan tentunya tertulis dalam dokumen akreditasi LAMSAMA.”

Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si. menyatakan bahwa proses akreditasi ini harus segera dilakukan guna menunjang aspek legal di Program Studi Fisika. Harapan beliau, di usia program studi yang masih sangat muda, proses ini menjadikan pembelajaran serta menjadi acuan dalam langkah-langkah program studi selanjutnya.

Keberhasilan pendampingan ini menggarisbawahi pendekatan proaktif Program Studi Fisika terhadap kesiapan akreditasi dan komitmennya yang kuat untuk menigkatkan kualitas Program Studi Fisika UPNVJT.