BELAJAR FISIKA YANG MUDAH DAN EFEKTIF

Beberapa cara belajar fisika yang bisa di praktekkan:

1. Rubah Perspektif

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merubah perspektif. Apabila dari awal kamu menganggap Fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dan menyeramkan lalu tidak menyukainya, maka kedepannya kamu menjadi malas untuk belajar Fisika.

Oleh karena itu, segera rubah perspektif tersebut dengan pemikiran bahwasanya Fisika tidak sulit dan tidak mudah tetapi masih bisa dipelajari serta ditaklukan. Mulailah berpikir jika belajar Fisika adalah suatu tantangan bukan beban.

2. Pahami Konsep Fisika Terlebih Dahulu

Belajar Fisika berarti harus mau dan rajin berlatih memahami suatu konsep Fisika. Misalnya bagaimana asal usul dari rumus Ep = m.g.h dan rumus-rumus Fisika lainnya. Hal ini penting dilakukan karena bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal lainnya yang sudah dimodifikasi.

Memahami suatu konsep Fisika juga akan membuat kamu semakin mengerti cara menggunakan rumus-rumus yang sesuai untuk menyelesaikan suatu soal. Misalnya penjabaran vektor gaya, Fx= F cos a dan lainnya.

3. Jangan Menghafal Rumus

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh siswa saat belajar Fisika adalah dengan menghafal rumus. Padahal cara ini kurang efektif karena hafal belum tentu tahu cara mengaplikasikan rumus tersebut.

Supaya ini tidak terjadi maka kamu disarankan untuk mengetahui beberapa rumus dasar dahulu lalu mengaplikasikannya sesuai dengan permasalahan yang ada. Jadi, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan menghafal rumus.

4. Banyak Latihan Mengerjakan Soal

 Cara selanjutnya adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal. Semakin sering dilatih maka pemahaman akan suatu konsep Fisika akan semakin kuat dan soal-soal yang diberikan mudah ditaklukan. Tidak ada jalan lain untuk menaklukan Fisika selain dengan banyak latihan.

Sering-sering baca materinya, sering latihan mengerjakan soalnya dan perbanyak mencoba soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Semakin banyak mengerjakan latihan sosial, maka akan semakin bertambah pula cara atau strategi penyelesaian soalnya.

5. Rajin Bertanya

Trik berikutnya adalah dengan rajin bertanya ketika ada bagian yang kurang dipahami. Jangan membiasakan hanya diam saja ketika ada yang kurang dipahami. Jika begini maka kamu akan kesulitan dalam menguasai Fisika.

Setelah guru menjelaskan materi Fisika di depan kelas, jika ada yang tidak dipahami bisa langsung bertanya. Guru pasti dengan senang hati mendengar pertanyaan kamu lalu menjelaskan bagian yang kurang dipahami tersebut. Jadi jangan malu untuk bertanya apabila ada yang kurang dipahami.

6. Jangan Malas Mencatat

Belajar Fisika mengharuskanmu untuk tidak malas mencatat. Kamu harus mencatat setiap materi yang belum dimengerti atau dipahami. Dengan membuat catatan ini maka kamu bisa tau bagian atau materi apa saja yang dianggap sulit untuk pahami. Tulisan sendiri dalam catatan juga mudah dipahami, jadi jangan malas untuk mencatat ya!