SOSIALISASI PKM

Wujudkan Mahasiswa Berprestasi, Inovatif, dan Kreatif dengan PKM 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui  Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melakukan berbagai hal untuk menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan penambahan kategori baru. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun Pimpinan Perguruan Tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah mahasiswa.

Dalam upaya untuk mendukung langkah ditjen diktiristek mahasiswa Fisika UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan Sosialisai PKM Fisika. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa Fisika UPN dan umum. Kegiatan ini sendiri disebut dengan “SOSIALISAI PKM FISIKA” atau Program Kreativitas Mahasiswa. Kegiatan ini terdiri seputar alur dan tata cara pendaftaran, jenis skema PKM, ketentuan dan format PKM, dan manfaat ikut PKM. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fisika.

Sosialisai PKM 2023 di lingkungan Fisika dilaksanakan secara daring dan di ikuti oleh seluruh mahasiswa Fisika UPN dan umum. Diharapkan, sosialisasi ini menjadi wadah dan transfer ilmu serta kiat-kiat agar bias lolos pendanaan PKM, bahkan hingga PIMNAS.